Skip to main content

Pengalaman Seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang (Kemenko) Perekonomian

Ini cerita seleksi CPNS 2019 yaa..

Saya merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Awalnya saya tidak berniat ikut CPNS, karena punya rencana masa depan yang lain. But, for the sake of my parents, I did this. Semacam menggugurkan kewajiban saja hehe. Asal tidak rugi apa-apa.
Sebagai fresh graduate 2019
, ini salah satu kesempatan adu nasib yang bisa dicoba. Dimana-mana teman-teman dan kakak tingkat membicarakan ini. Saya diwisuda tanggal 21 November 2019. Pendaftaran CPNS dibuka hingga akhir November, bergantung pada instansi masing-masing. Gas aja sih!

Saya melamar sebagai Analis Perekonomian di Deputi Bidang Koordinasi Energi, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup (Deputi 3) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Saya sebut Ekon saja ya biar singkat). 

Secara garis besar, seleksi CPNS ini terdiri dari 3 tahap:

  • 1.      Seleksi Administrasi
  • 2.      Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • 3.      Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

 

SELEKSI ADMINISTRASI

Wajib diingat: timeline pendaftaran masing-masing instansi!!! Jangan sampai kelewatan!

Ini jadwal seleksi CPNS Ekon 2019-2020 (sebelum ada pandemi, setelah pandemi ada penyesuaian). Semua info terkait CPNS Ekon bisa dipantau di https://rekrutmen.ekon.go.id/cpns

Syarat dan ketentuan seleksi mungkin berbeda tiap periode.

Dua hal yang perlu disiapkan pada tahap ini adalah: berkas dan pilihan formasi.

Berkas-berkasnya (kalau tidak salah) meliputi:

1.        Pas foto 4X6 dengan latar belakang merah

2.        Surat lamaran (jika ada, sesuai format instansi)

3.        Scan KTP

4.        Scan KK

5.        Scan ijazah

6.        Scan akreditasi kampus dan fakultas (jika ijazah sudah menampilkan nomor akreditasi, maka tidak perlu scan akreditasi kampus)

7.        Scan transkrip nilai


Dah kan, cek lagi ketentuan format file, ukuran, dan nama filenya. Upload deh. Cek ulang.

Gimana cara milih formasi? Sebenarnya agak tricky karena kita bermain dengan peluang dan mungkin juga pertimbangan passion, lokasi penempatan, dll. Sebagai gambaran, saya memilih formasi Analis Perekonomian di Deputi 3 Kemenko Perekonomian karena beberapa pertimbangan:

1.   Asumsi saya, banyak teman-teman dan kakak tingkat saya serta lulusan kehutanan di seluruh Indonesia yang menyerbu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) karena kebetulan tahun 2019 KLHK buka formasi besar-besaran kurang lebih 700an kursi.

2.      Terdapat dua kursi formasi yang hanya berasal dari S1 Kehutanan. Menurut saya peluangnya agak besar, dibandingkan dengan formasi lain yang membutuhkan satu kursi atau berasal dari program studi campuran yang lain. Sebenarnya agak kontradiktif ya, saya tidak begitu niat mendaftar tapi ambil peluangnya yang besar :)))

3.        Penempatan di Jakarta, karena saya tidak diizinkan kerja di luar Jawa oleh ibu saya :)))

4.        Lokasi tes SKD tersedia di Jogja, saya bisa menginap di kos teman saya. Less budget. Kalau gagal, ga rugi-rugi amat :)))

Tapi ada konsekuensi lain dari pilihan tersebut:

1.        Saya tidak mengerti tentang ekonomi, karena saya mendalami bidang Silvikultur fokusnya di hutan tanaman di Fakultas Kehutanan UGM. Jika saya lolos ke seleksi selanjutnya, maka ada dua pilihan. Satu, lanjut, berarti saya harus belajar dari nol. Dua, menyerah. Menyerah ini bisa saya jadikan alasan ke orang tua saya, penggagalan berencana :)))

2.     Rangkaian seleksi di Ekon lebih rumit dibandingkan kementerian lain yang saya target (KLHK). Tes SKB di KLHK cukup 1 tahap yaitu CAT, sementara Ekon ada 3 tahap di tes SKB. Ini sekaligus jadi tameng saya jika tidak lolos seleksi. Saya bisa bilang ke orang tua saya: seleksinya susah banget.

3.    Jika nanti lolos seleksi dan mau diambil, maka mau tidak mau harus belajar tentang bidang ini, whatever your passion.


Sudah upload berkas, dan milih formasi, jangan lupa akhiri pendaftaran. Tunggu aja sampai pengumuman. Sambil belajar buat SKD juga boleh, mau ngapa-ngapain juga boleh.



Tadaaa! Lolos pengumuman berkas! Dari sini sudah bisa diketahui jumlah pesaingnya berapa. Artinya bisa diketahui peluang lolosnya, dan seberapa besar kita harus berusaha untuk itu. Waktu itu, formasi saya ada 2 kursi dengan jumlah peserta lolos administrasi 136 orang.

Sebelum lanjut ke tahap dua, mau hitung-hitungan skor dulu juga boleeh. Biar ada gambaran tahapan seleksi mana yg harus dimaksimalkan karena bobotnya paling gede. Di Ekon perhitungannya seperti ini:

SKD: 40%

SKB: 60%


Skor SKB (100%) terdiri dari:  

(a) CAT: 50% dari SKB (alias 50% x 60%)

(b) Psikotes: 25% dari SKB (alias 25% x 60%)

(c) Wawancara User: 25% dari SKB (alias 25% x 60%)


Jadi kalau dirincikan, perhitungan skor total yaitu:

Total 100% = SKD 40% + CAT 30% + Psikotes 15% + Wawancara User 15%.

Bikin bingung sih kata-kataku?


Dari situ kelihatan kan bobot paling gede tu di SKD dan SKB CAT. 

So, maksimalkeunn!!


Lanjut ke tahap dua, yaituuuu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).


SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD)

SKD CAT (Seleksi Kompetensi Dasar Computer Assisted Test) tu ngerjain soal pilihan ganda sejumlah 100 soal dalam waktu 90 menit di komputer kanwil BKN (sesuai dengan lokasi yang dipilih pada saat pendaftaran). Sebenarnya bisa capcipcup, tapi sayang kan kalo otak dianggurin.


Ada 3 kategori soal di SKD:

1.        Tes Intelegensi Umum (TIU)

2.        Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

3.        Tes Kepribadian (TKP)


Jujur (maaf) aku lupa jumlah soal masing2 kategori berapa, scoringnya gimana, passing grade berapa, coba baca ketentuan dari BKN deh.
Intinya, bobot maksimal masing-masing soal adalah 5, jadi totalnya bisa 500. Eits tenang ga harus dapet skor 500 kok biar bisa lolos.

Dari sini nih, bisa mulai join grup telegram untuk persiapan. Bisa gabung grup yang umum buat persiapan SKD, bisa juga gabung grup yang serumpun atau seinstansi dengan analis perekonomian buat persiapan SKB.

Gambaran soalnya gimana? Kalau aku nyari (gratisan) di internet, justru banyak contoh soal/modul/buku/tryout yang modelnya teori banget. Nyari di grup telegram juga banyak beredar latihan soal. Mana materinya dari SD-SMA. Monmaap saya kesusahan mengingat isi Perjanjian Renville :((



Sesungguhnya saya pun tidak belajar matang dari materi-materi yang beredar.
Tapi ada baiknya nyoba tryout gratisan, paling tidak jadi lebih familiar dan nyaman dengan tampilannya.

Betapa kagetnya saya membuka pengumuman jadwal pelaksanaan SKD pada hari Senin, dan ujiannya hari Jumat. Belajarlah saya 3 hari itu hahaha. Cuma berdoa aja, Ya Allah semoga otak ini on waktu ujian. Ingat, ga ada kesempatan cheating sama sekali!

Pas soalnya muncul, sama sekali soal latihan-latihan tidak keluar. Soalnya model High Order Thinking Skill (HOTS), jadi ga teori banget tapi lebih ke analisis pemahaman gituu. Tidak terlalu menyesal tidak belajar~

-       TIU: deret hitung, dll. yang hitungan menurut saya tidak terlalu makan waktu, sinonim antonim, dll.

-       TWK: tugas dan fungsi lembaga negara, dll.

-      TKP: psikotes yang jawabannya personal tidak perlu mengada-ada ataupun menjadi orang lain, ini tidak terlalu makan waktu.

So, karena soal yang keluar berbeda jauh dengan latihan soal yang banyak beredar, kesimpulan saya adalah tidak perlu menghafalkan jawaban di latihan soal. Sungguh, tidak perlu. All we need to do is melatih agar otak bisa bekerja cepat, karena itu yang dibutuhkan saat ujian. Bayangkan otak udah lama ga dipakai buat mikir berat, sudah tentu lemot. Gimana caranya melatihnya? Ya belajar, boleh dari latihan soal atau rangkuman atau apapun lainnya. Jadiii, esensi belajar SKD tu menurut aku membiasakan otak berpikir cepat, bukan biar tahu jawaban yang benar.

Selesai mengerjakan, skor kita langsung keluar di monitor, berapa TIU, TWK, dan TKP. Kita boleh mencatat, untuk kemudian dihitung setelah keluar ruangan. Di luar ruangan juga ditampilkan skor seluruh peserta dari beberapa formasi untuk sesi itu di lokasi itu. Ini belum skor satu Indonesia ya. Jadi untuk tahu lolos/tidak, perlu tahu skor peserta lain di formasi yang sama di semua lokasi ujian. Lain lokasi, lain jadwal. Jadi tunggu aja pengumumannya.

Lagi lagi, puji syukur saya panjatkan karena doa emak saya dikabulkan Tuhan. Saat pengumuman hasil SKD, pandemi Covid-19 sudah merebak. BKN melakukan penyesuaian terkait jadwal, lokasi, dan teknis seleksi selanjutnya.





Syarat biar lulus SKD apa?

a.       Lolos passing grade

b.      Dapat ranking tertinggi


Jumlah peserta yang lolos SKD dan berhak melanjutkan tes SKB yaitu tiga kali jumlah formasi. Misal, ada 2 formasi analis perekonomian di Deputi 3 Kemenko Perekonomian, maka jumlah peserta yang lolos SKD dan berhak lanjut ke SKB adalah 6 orang, yaitu ranking 1-6 SKD.

Jadi, lolos passing grade saja belum cukup. Harus jadi top rank!

 

SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)

Proses seleksi yang berlangsung lama akibat pandemi ini, membuat saya menyadari banyak hal. Saya yang awalnya bekerja, terpaksa dirumahkan. Saya berupaya agar tetap waras, mencoba menjaga keseimbangan mental dan finansial dengan berbagai cara. Hanya dalam beberapa bulan ini saja, saya merasakan bagaimana rasanya menganggur, kerja di NGO, di swasta, hingga menjalankan usaha. Tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi satu hal yang saya sadari, bahwa CPNS ini peluang yang tidak boleh saya sia-siakan. At least, usaha dan doa harus maksimal, apapun nanti hasilnya. Toh tinggal 6 orang ini.

Sudah gabung grup telegram formasi yang serumpun atau seinstansi? Ada baiknya bergabung.

SKB CPNS Ekon terdiri dari 3 tahap, dan skornya langsung diakumulasi di akhir pada saat pengumuman kelulusan. Seleksi SKB kurang lebih berlangsung 1 bulan. 1 hari untuk CAT, 3 hari untuk assessment, dan 1 hari wawancara. Jadi, buat yang sudah bekerja, siap-siap izin cuti.

1.        CAT

SKB CAT terdiri dari 100 soal bidang ekonomi. 1 soal bernilai skor 5, sehingga skor maksimal 500. Sementara saya nol tentang ekonomi, PR banget deh.

Saya berpikir bahwa soalnya tidak jauh dari ekonomi kehutanan, paling jauh ekonomi sumber daya alam (ESDAL) lah. Sebagai bukti bahwa saya niat, saya beli buku Ekonomi Sumber Daya Alam (ESDAL) karya Addinul Yakin setebal hampir 1000 halaman di tokopaedi. Ga kebayang kalo belajar sendirian, perlu supporting system sih, biar ga ngelokro hahaha. Anyway, if u need to prelove this book, kindly reach me out.

Pikiran saya yang lain mengatakan bahwa, kerja di Kemenko Perekonomian berarti perlu belajar tentang ilmu ekonomi. Saya mengunduh banyak bahan kuliah ekonomi di internet (meskipun tidak saya baca hahaha). Selain itu, saya coba menghubungi teman-teman saya yang belajar ekonomi, meminta bahan kuliah. Saya juga belajar ekonomi dari youtube Unacademy. Cukup membantu sih, karena targetnya mungkin anak SMA yang belajar UN/SBMPTN/UTBK, jadi materinya mulai dari dasar banget, tapi agak teoritis. Terus beberapa video dimasukkan ke kategori tertentu sesuai topik, jadi lebih enak belajarnya. Terakhir, saya agak menyesal baru tahu info grup telegram CPNS Ekon 2 hari sebelum ujian. Padahal ada bank soal yang bisa banget dipelajarin buat persiapan SKB CAT.

Ringkasnya, sumber belajar saya dari:

-          Buku Ekonomi Sumber Daya Alam (ESDAL) karya Addinul Yakin

-          Bahan kuliah ekonomi, ekonomi kehutanan, dll.

-          Materi ekonomi makro mikro dari internet

-          Topik ekonomi di youtube Unacademy

-          Bank soal ekonomi dari grup telegram

Tipe soal SKB CAT yang keluar gimana? Jawab: teori banget, tipikal soal ujian SMA. Ditanyain teori pembangunan ekonomi, menghitung PDB, inflasi, dll. hahaha.

2.        Assessment

Assessment ada 3 sub tahap (menurut saya), yaitu: pengisian biodata dan esai, psikotes, dan wawancara psikolog. Pelaksanaan assessment secara online memakan waktu 3 hari menggunakan aplikasi zoom. Penyelenggaraan assessment bukan dari Kemenko Perekonomian, namun dari pihak ketiga yaitu konsultan psikologi. Waktu itu dari Quantum HRM International.

Sebelum pelaksanaan, akan dibagikan hal-hal yang perlu disiapkan untuk ujian, jadi persiapkan peralatan yang memadai sesuai dengan ketentuan yaa.

-          Laptop 14 inch

-          Standar prosesor intel core i#, RAM 4 GB, mouse dan keyboard standar, audio baik

-          Sistem operasi minimal Windows 8

-          Browser chrome, mozilla, atau opera paling update

-          Koneksi internet minimal 10 Mbps

Tambahan: perhatikan kamera, lighting, headset, gangguan kebisingan, baterai, dan sambungan listrik. Bagi yang tinggal di kampung seperti saya, penting untuk menanyakan selama ujian berlangsung apakah PLN setempat ada perawatan jaringan atau tidak, dan apakah ada jadwal tetangga dangdutan atau tidak.

a.         Pengisian biodata dan esai

Sistemnya nanti kita masuk ke web Quantum, dan akan diberi username serta password untuk log in. Pengisian biodata standar sih, cuma kalau laptopnya pinjam, siapkan copy pas foto berlatar belakang merah dan file penting lainnya di satu flashdisk.

Untuk esainya, ada 20 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. Pertanyaannya seputar kepribadian, pengalaman, dan nilai-nilai yang berhubungan dengan ASN/instansi/formasi yang kita lamar. Jawabannya dibatasi berapa kata gitu deh kayanya, saya nulis jawaban panjang tidak tersimpan, namun tidak ada pemberitahuan berapa batas karakter atau katanya. Ada juga studi kasus mengenai isu terkini, dan kita diminta memberikan pendapat. Waktu itu isunya adalah ancaman resesi ekonomi di tengah pandemi.

b.         Psikotes

Jadwal psikotes ini seharian penuh dari jam 8 sampai jam 4. Tesnya pun banyak, mulai dari tes kecerdasan, kepribadian, kesehatan mental, dll. Jika bisa mengerjakan dalam waktu cepat, maka bisa cepat selesai. Latihan psikotes sudah banyak di internet. Tapi untuk mengerjakan, hanya perlu menjadi diri sendiri, bukan?

c.         FGD dan wawancara psikolog

Pembagian kelompok, jadwal FGD dan fasilitatornya diatur oleh Quantum. FGD berlangsung selama 40 menit. Topiknya sama dengan topik studi kasus pada esai hari pertama assessment.

Jadwal wawancara dan pewawancaranya juga diatur oleh Quantum. Saya dapat giliran terakhir jam 17.30, tapi ternyata maju 20 menitan. Psikolognya enak, mendengarkan dengan seksama, dan obrolannya bisa mengalir. Pertanyaannya seputar kepribadian, pengalaman, dan nilai-nilai diri. Tidak jauh berbeda dengan esai versi lebih luwes dan mengalir.

3.        Wawancara

Wawancara kali ini dengan user atau calon atasan kita di instansi tersebut. Disinilah pentingnya penguasaan bidang. Saya dan kakak kelas saya yang juga pesaing saya untuk formasi ini, sering bertukar pikiran mengenai isu-isu terkini di bidang kehutanan dan kemungkinan pertanyaan yang akan muncul.

Saya melamar di Deputi 3 Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup pada November 2019. Namun pada Mei 2020, nomenklaturnya berubah menjadi Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset dan Inovasi. Waw, sangat tidak nyambung bukan? Bidang Kehutanan dipindah jadi di bawah koordinas Kemenko Maritim dan Investasi. Saya pun tidak tahu gambaran wawancaranya akan mengarah kemana. Walhasil, semuanya saya pelajari.

-            Laporan Kinerja Kemenko Perekonomian 2019

-            Laporan Kinerja Deputi 3 2019

-            Rencana Strategis Kemenko Perekonomian 2020-2024

-            Rencana Strategis Kemenko Marves 2020-2024

-            Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2020

-            Permenko Perekonomian No. 5 Tahun 2015

-            Laporan Kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019

-            Laporan Kinerja Kementerian BUMN 2019

-            Laporan Kinerja Kemenristek 2019

-            RUU Cipta Kerja (Omnibus Law)

-            Naskah akademik RUU Cipta Kerja

-            UU No. 41 Tahun 1999

-            UU No. 32 Tahun 2009

-            UU No. 5 Tahun 1990

-            UU No. 56 Tahun 1960

-            Isu terkini bidang ekonomi dan kehutanan dan peraturan-peraturannya

Isunya luas sekali ya sodara-sodara, bingung mau belajar apa aja. Saya pelajari yang kira-kira relate sama yang akan saya kerjakan nanti. Di bidang kehutanan saya cari tahu tentang reforma agraria, perhutanan sosial, B30 sawit, perubahan iklim, pencemaran lingkungan, kebakaran hutan, keanekaragaman hayati, sertifikasi kayu, AMDAL UKL UPL IL, BPDLH, dll. Di bidang ekonomi, saya cari tahu tentang RUU Cipta Kerja, ekonomi di tengah pandemi, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), KCP PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), kebijakan-kebijakan terbaru terkait pemulihan ekonomi, Proyek Strategis Nasional (PSN), dll. Arrgggggh!

Apakah saya memahami secara mendalam? Tidak dong. Tahu isunya saja sudah cukup bagi saya. Syukur-syukur paham masalahnya dan punya ide untuk disampaikan. Dari sini juga belajar melihat semua isu itu dari sudut pandang pemerintah.

Saya diwawancarai oleh dua orang pejabat calon atasan, Bapak-bapak. Durasi wawancaranya kurang lebih 30 menit, dengan proporsi yang imbang antara pewawancara 1 dan 2. Satu bapak lebih banyak bertanya mengenai kepribadian, pengalaman, dan nilai-nilai diri hampir mirip dengan wawancara psikolog. Tanya jawabnya menggunakan Bahasa Indonesia. Satu bapak yang lain tiba-tiba menyampaikan, “Okay Siti, now I want to ask you in English😊

Bapak yang kedua bertanya mengenai pendapat saya terhadap kasus kebakaran hutan. Untung sempat baca kemarin-kemarin. Pertanyaannya lebih bersifat analisis, perlu jawaban agak panjang, dan in English.

Baiklah, sudah sampai di penghujung seleksi. Mari serahkan pada Tuhan.


LAST, HERE WE GO!!!

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠﻪْ ﻭَﻵ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟﻠﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ

"Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

Imo, technical strategy is important, but parent's pray works the most.

Any discussion, feel free to hit me at https://instagram.com/sitihudaiyah

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keterima GT/MT Sinarmas Forestry

Keterima Seleksi Sinarmas Forestry  How’s your post-college life? Seems suck, isn’t it? Be calm, thing takes time.  Penting banget buat menentukan (prioritas) tujuan akan kemana kita setelah lulus, bahkan sebaiknya dipikirkan sebelum lulus itu sendiri. Tujuan jangka pendek, menengah, pun panjang. Disusun detil lebih baik, tapi kalau berat ya yang kasar dulu aja. Paling tidak sedikit mengurai keruwetan atas pikiran kita sendiri.  Buatt aku, bergabung dengan Sinarmas Forestry menjadi baby step untuk tujuan jangka menengah. Jadilah aku daftar. So, tentukan tujuan dulu ya sebelum mendaftar! 1. Daftar di Platform Jobseeker  Waktu itu aku daftar sebagai Graduate Trainee/GT (semacam MT) melalui jobstreet.  Sebelum apply:  a. Cek kelengkapan profil, posisi terakhir/pengalaman usahakan relate dengan sinarmas forestry. Bisa Bahasa Indonesia atau Inggris, yang penting konsisten dan bisa dipertanggungjawabkan.  b. Baca requirement dan job description, kalo ga cocok just simply skip it away!  c. Is

CONTOH PROPOSAL USAHA

PROPOSAL USAHA MINUMAN SERBUK SARI JAHE PT. ROYAL NUTRITION Oleh SITI HUDAIYAH 4 TPHP 3 7675 PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Jalan Kadar Maron Sidorejo Kotak Pos 104 Telp (0293) 4901639 TEMANGGUNG 2014/2015 A.       Nama Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan bernama PT. ROYAL NUTRITION­. B.        Komoditas Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan memproduksi makanan dan minuman sehat menuju kehidupan konsumen yang lebih baik. C.       Produk Hasil Olah 1.          Gambaran Umum Produk Salah satu produk dari institusi Praktik Industri yang penulis tempati adalah minuman serbuk sari jahe. Untuk itu penulis bermaksud untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan merencanakan produksi minuman serbuk sari jahe dengan merk “WOODY” dengan berbagai pengembangan, mulai dari penggunaan bahan b

Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari   http://arie5758.blogspot.co.id/   , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan. Jadi sejarahnya seperti ini, Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakart