Skip to main content

Keterima GT/MT Sinarmas Forestry

Keterima Seleksi Sinarmas Forestry 

How’s your post-college life? Seems suck, isn’t it? Be calm, thing takes time. 
Penting banget buat menentukan (prioritas) tujuan akan kemana kita setelah lulus, bahkan sebaiknya dipikirkan sebelum lulus itu sendiri. Tujuan jangka pendek, menengah, pun panjang. Disusun detil lebih baik, tapi kalau berat ya yang kasar dulu aja. Paling tidak sedikit mengurai keruwetan atas pikiran kita sendiri. 

Buatt aku, bergabung dengan Sinarmas Forestry menjadi baby step untuk tujuan jangka menengah. Jadilah aku daftar. So, tentukan tujuan dulu ya sebelum mendaftar!

1. Daftar di Platform Jobseeker 
Waktu itu aku daftar sebagai Graduate Trainee/GT (semacam MT) melalui jobstreet. 
Sebelum apply: 
a. Cek kelengkapan profil, posisi terakhir/pengalaman usahakan relate dengan sinarmas forestry. Bisa Bahasa Indonesia atau Inggris, yang penting konsisten dan bisa dipertanggungjawabkan. 
b. Baca requirement dan job description, kalo ga cocok just simply skip it away! 
c. Isi bagian pitching, singkat saja. Sesuaiin sama profil, mau Bahasa Indonesia atau Inggris. Gimana cara bikin pitching? Ask Google, ok? 

Setelah daftar, akan ada pemberitahuan di email bahwa profil kita sedang ditinjau. Setelah itu bakal ada pengumuman kita lolos screening atau tidak. 
Awalnya aku ga keterima nih. Tapii, hari berikutnya, aku dapat email panggilan psikotes. Kebetulan waktu itu bersamaan dengan job fair di JNM (Jogja National Museum) dimana ada booth beberapa perusahaan grup Sinarmas juga. Jadi applicant dari job fair dan juga jobstreet banyak yang diundang untuk psikotes.

2. Psikotes 
Di email diinfokan, “we invite you to our test”. What kind of test then? 
Peserta tes untuk satu perusahaan dikumpulkan di satu ruangan sesuai jadwal. Disana kami mendapatkan materi tentang program GT, sistem kerja, benefit, dll. Bisa tanya jawab juga. Bagi yang tidak ingin melanjutkan seleksi, boleh langsung meninggalkan ruangan. 
Setelah itu, lanjut ke seleksi berikutnya yaitu psikotes. Peserta diminta masuk ke web psikotes Asia Pulp and Paper (APP) group melalui HP masing-masing dan mengisi biodata. So, siapkan HP, baterai dan koneksinya yaa. Soal psikotesnya kalau tidak salah ada tes kecerdasan, EPPS, MMPI, apa lagi ya lupa (sorry, cmiiw). Jika sudah selesai mengerjakan, boleh meninggalkan ruangan. Waktu itu, rangkaian acaranya mulai jam 8 dan aku selesai jam 11. 
Dari hasil psikotes, akan diumumkan peserta yang lolos untuk lanjut ke wawancara HRD besok pagi. Pengumumannya di tempel di gedung seleksi. 

3. Wawancara HRD 
Pewawancaranya ada 2 orang, yaitu 1 orang dari HRD dan satu orang lagi bukan. Wawancaranya santai kok, durasinya sekitar 20-30 menit. Pertanyaannya lebih mendalam ke personality, kepemimpinan, pengalaman, tertarik ke bagian apa, dan satu hal yang penting adalah apakah sudah mendapatkan izin orang tua? 

4. Wawancara User 
Awalnya aku kira ga ada wawancara user. Tau tau, dihubungi HRD via whatsapp untuk wawancara dengan user. Bingung kan, usernya siapa? Asumsiku karena aku tertarik dengan bagian RnD (Research and Development), aku menyiapkan bahan wawancara untuk posisi RnD. Benar saja, wawancaranya dengan orang RnD. Pewawancaranya 2 orang, 1 orang Indonesia, dan 1 orang lagi expat. 

“Good afternoon, Siti. I am X from the Research and Development of Sinarmas Forestry.” 

Net nooooot, I didn’t expect this interview go in English bro hahahah. Pertanyaannya mengenai personality, leadership, dan pengetahuan tentang basic RnD. Aku ditanya, what is tree improvement, how does tree grow, dll. Aku merasa ga maksimal banget karena tidak menyiapkan wawancara Bahasa Inggris. 
Yaudahlah yaaa~ But but…
 

5. Medical Check Up (MCU) 
MCU ini kelihatannya sepele, tapi cukup mengkhawatirkan bagi orang-orang yang tidak menjalani kehidupan sehat seperti saya. Saya MCU di CITO sesuai dengan persyaratan perusahaan, menghabiskan dana sekitar Rp500.000,- yang bisa di-reimburse. 

6. Pengumuman Akhir 
Berkat doa dan usaha orang-orang sekitar, alhamdulillah. Karena dihantam pandemi Covid-19, keberangkatan diundur hingga waktu yang belum ditentukan. 
Then for some personal reasons, I withdrew this application. Yet, thank you Sinarmas!

Comments

  1. Good Information, Keep it up with your blog

    ReplyDelete
  2. tadi baru dapet email kalo lamarannya sedang di tinjau. kok degdekan ya abis baca kalo sesi wawancaranya pake bahasa inggris

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL USAHA

PROPOSAL USAHA MINUMAN SERBUK SARI JAHE PT. ROYAL NUTRITION Oleh SITI HUDAIYAH 4 TPHP 3 7675 PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Jalan Kadar Maron Sidorejo Kotak Pos 104 Telp (0293) 4901639 TEMANGGUNG 2014/2015 A.       Nama Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan bernama PT. ROYAL NUTRITION­. B.        Komoditas Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan memproduksi makanan dan minuman sehat menuju kehidupan konsumen yang lebih baik. C.       Produk Hasil Olah 1.          Gambaran Umum Produk Salah satu produk dari institusi Praktik Industri yang penulis tempati adalah minuman serbuk sari jahe. Untuk itu penulis bermaksud untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan merencanakan produksi minuman serbuk sari jahe dengan merk “WOODY” dengan berbagai pengembangan, mulai dari penggunaan bahan b

Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari   http://arie5758.blogspot.co.id/   , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan. Jadi sejarahnya seperti ini, Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakart