Skip to main content

INOVASI PRODUK BAKERY



Industri bakery di dunia terus berkembang mulai dari industri roti rumahan seperti di Indonesia hingga outlet modern yang berstatus waralaba dari luar negeri ketat bersaing untuk memperebutkan para pelanggan. Tahun 2013 kemarin menjadi tahun yang paling sukses dalam sejarah perkembangan bakery di dunia. Hal ini terbukti dengan munculnya inovasi-inovasi baru pada produk bakery seperti Dosant, Cronut, Crogel, SushiDo dan lain-lain sebagai berikut

Dosant


Dosant Pic

Jauh sebelum orang rela mengantre hingga berjam-jam di Dominique Ansel Bakery New York untuk membeli cronut, sudah ada cikal-bakal cronut. Namanya adalah 'dosant' atau dikenal juga sebagai 'French donut'. Di Sweet Kitchen & Bar Massachusetts, pastry ini sudah banyak diminati sejak 2008.

Pembuatnya adalah chef Alina Eisenhauer yang pernah mengikuti beberapa kompetisi di saluran televisi Food Network. Terciptanya dosant berawal dari keinginan Eisenhauer untuk tidak membuang-buang makanan, yakni sisa adonan croissant.

Eisenhaur menggiling adonan tersebut menjadi bola-bola kecil lalu menggorengnya. Dosant dengan isian krim kemudian disajikan dengan saus cocolan. Agar tak membosankan, Eisenhauer selalu menciptakan varian baru. Contohnya dosant isi cokelat dengan saus cocol karamel atau dosant isi selai kacang dengan saus cocol anggur Concord.

Terkait lebih tenarnya cronut buatan Dominique Ansel, Eisenhaur menjawab bahwa tak masalah jika restorannya tak terlalu terekspos. "Tentu saja mereka lebih banyak diulas media, mereka kan di New York," ujar Eisenhaur kepada The Daily Meal (15/07/13).

Dikutip dari Metro.us (27/06/13), Eisenhaur tak tertarik menjadikan dosant merek dagang seperti cronut. Menurutnya, hal itu hanya mungkin jika ia berencana memproduksinya secara massal, menjualnya di supermarket, dan ingin menghindari persaingan.

Bagi wanita ini, yang penting adalah hidangannya terasa enak. Di Sweet, dosant dijual seharga $9 (Rp 90.000) per tiga buah. Konon, camilan ini cocok dipadukan dengan bir Young's Double Chocolate Stout atau wine Mionetto Processo.

Menurut situs Zagat (27/06/13), tekstur dosant sangat berbeda dengan cronut. "Jauh lebih padat seperti croissant (entah apakah proses pengiriman berdampak pada teksturnya) dengan kulit yang jauh lebih alot (berlapis gula)," tulisnya.

Kombo rasa dari isian cokelat dengan saus cocol karamel membuatnya terasa lebih mirip churros. Meski inilah perkawinan pertama croissant dan donat, menurut Zagat, cronut Dominique Ansel bertekstur jauh lebih ringan dengan bagian luar yang lebih tipis. (odi/fit)
selengkapnya baca di sini >>

Cronut

Lebih suka croissant atau donat? Croissant dan donat merupakan dua jenis kudapan favorit di dunia. Jika menyukai keduanya, Anda bisa mencicipi cronuts yang menggabungkan keduanya dalam satu gigitan.

Dominique Ansel dari Dominique Ansel Bakery, New York, merupakan salah satu Top 10 Pastry Chefs di Amerika Serikat menurut Dessert Professional Magazine. Dengan kreasinya, Ansel berhasil membuat donat dengan adonan croissant bernama cronuts.

Tidak seperti donat pada umumnya, cronuts terdiri dari beberapa lapisan adonan croissant yang tipis. Menurut Ansel, ia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan resep cronuts yang pas.

Adonan tersebut kemudian digoreng dan diisi Tahitian vanilla cream. Lapisan paling atas dihiasi krim dengan cita rasa mawar. Tak lupa, permen berbentuk kelopak mawar berwarna ungu ditambahkan sebagai topping agar donat bertekstur crunchy.

Saat pertama kali diluncurkan, cronuts ludes terjual hanya dalam waktu 35 menit. Hal ini tidak berbeda jauh saat penjualan kedua yang hanya memakan waktu 10 menit. Sejak saat itu, Dominique Ansel Bakery selalu kebanjiran pesanan cronuts.

NY Serious Eats menuliskan testimoninya setelah mencicipi dessert yang lezat ini. “Cronuts sangat berbeda dari donat tradisional pada umumnya. Krim di antara lapisannya terasa lezat. Lapisan croissantnya juga lebih berminyak, sehingga menjadi dessert favorit.”

Cronut Pic

Cronut Pic
Untuk menikmati cronuts, Anda harus membayar 5 US dollar atau Rp. 48.000 untuk satu donat. Pada bulan Juni dan Juli nanti, Dominique Ansel Bakery akan menghadirkan varian baru cronuts, yaitu lemon maple dan dulce de leche. (odi/flo)

selengkapnya baca di sini >>

Crogel

Crogel Pic

Beberapa waktu lalu, Andrew Freeman & Co. memprediksikan food hiybrids akan semakin populer di tahun 2014. Prediksi tersebut pun terbukti dengan kehadiran Crogel paduan croissant dan bagel buatan bakery di Connecticut, Amerika Serikat.

Menyusul kepopuleran Cronut, Stew Leonard’s Bakery berkreasi membuat Crogel. Setelah melewati serangkaian eksperimen, pegawai bakery tersebut menemukan cara untuk mengombinasikan dua menu sarapan populer, croissant dan bagel.

Caranya ialah, membentuk adonan croissant seukuran bagel kemudian mendidihkannya dengan ketel. Setelah itu, adonan akan dipanggang di tungku atau perapian.

Setelah matang, tekstur Crogel terasa renyah di bagian luar dan lapisan dalamnya memiliki tekstur berlapis-lapis dengan rasa gurih mentega.

Crogel diperkenalkan sejak minggu lalu di salah satu gerai Stew Leonard’s Bakery, yaitu daerah Norwalk. “Kami berhasil menjual 1.000 Crogel dalam beberapa hari,” ujar Stew Leonard Jr., presiden dan CEO Stew Leonard’s Bakery.

Satu kemasan berisi dua Crogel dijual seharga 3.99 dollar atau sekitar Rp 48 ribu. Kini Crogel hadir dalam tiga varian rasa, yaitu plain, wijen, dan multigrain.

Seperti diberitakan Gothamist (15/01/2014), kreasi serupa Crogel mulai ditiru sebuah bakery di Brooklyn yaitu The Bagel Shop. Bedanya, croissant di sini benar-benar dipanggang ke dalam bagel dan diberi nama Cragel.

Pemilik The Bagel Shop, Scot Rossillo mengaku butuh waktu sembilan bulan untuk mengembangkan resep dan produk akhir perkawinan antara croissant dan bagel ini. (odi/fit)
selengkapnya baca di sini >>

Doughscuit


Doughscuit Pic
Kepopuleran food hybrids di tahun 2014 rupanya masih terus berlangsung. Setelah Crogel yang merupakan paduan croissant dan bagel, kini ada pastry bernama Doughscuit. Paduan donat dan biskuit yang lezat.

Seperti diberitakan NPR (03/02/2014), restoran Endgrain di Chicago menghadirkan Doughscuit tahun lalu bersamaan dengan kepopuleran Cronut milik Dominique Ansel Bakery di New York.

Saat itu pemilik restoran, Enoch Simpson dipaksa oleh orang-orang untuk membuat kreasi pastry sejenis Cronut. “Orang-orang terus mengatakan bahwa kita harus membuat Cronut. Ketika Caleb (saudara sekaligus rekan bisnisnya) mengutarakan ide Doughscuit, saya benar-benar tertawa seolah ini tidak mungkin,” ujar Simpson.

Tanpa disangka, setelah melakukan beberapa kali eksperimen Caleb akhirnya menemukan adonan yang pas untuk menciptakan Doughscuit. Ia berhasil menggabungkan adonan donat goreng yang manis dengan adonan biskuit yang cenderung rapuh menjadi camilan lezat.

Doughscuit kemudian diberi isian creme fraiche (krim asam) dan dilapisi dengan madu yang manis sebagai sentuhan akhir.

Sejak saat itu, Doughscuit digemari banyak orang. Bahkan beberapa minggu lalu Doughscuit memenangkan penghargaan pilihan kritikus pada acara Donat Fest di Chicago. (odi/odi)
selengkapnya baca di sini >>

SushiDo



SushiDo Pic

Setelah cronut, kombinasi croissant dan donat, kini muncul perpaduan makanan lintas negara lain yang tak kalah unik. Kali ini dari Jepang dan Amerika, yakni sushi dan donat!

Jaringan kedai penjual donat dari Jepang, Mister Donut, menciptakan donat berpenampilan mirip sushi yang disebut SushiDo. Namun, SushiDo tidak dijual di Jepang maupun Amerika, melainkan di Thailand.

Seperti dilansir Rocket News 24 (27/06/13), donat berisi selai menggantikan nasi dalam camilan yang mirip nigiri sushi ini. Untuk meniru irisan daging ikan, ikura (telur ikan salmon), atau nori untuk mengikat sushi, digunakan frosting atau krim manis.

Meski demikian, tampaknya Mister Donut bukanlah satu-satunya kedai donat yang menjual donat sushi. Di Amerika Serikat, ada Psycho Donuts yang menjual Psycho Psushi. Berdasarkan informasi dari FoodBeast (26/05/13), empat buah donat sushi dan sumpit yang terbuat dari stik Pocky dikemas dalam kotak bento.

Bahkan, Psycho Donuts juga membuat Psycho Takoyaki (cake jahe berbentuk bola yang disirami karamel soyu dan pistachio panggang), donat Totoro, Donut Poutine, serta Beer-Filled Donut. (odi/fit)
selengkapnya baca di sini >>

Croloaf

Croloaf Pic



Cronut karya Dominique Ansel masih menjadi buah bibir dan buruan banyak orang di Amerika. Namun, cronut versi dari Ansel Bakery sudah ada di mana-mana, termasuk di Jakarta. Kini, adonan croissant pun dibuat bentuk loaf seperti roti tawar.

Pastry asal Prancis, croissant, menjadi bahan eksplorasi banyak orang untuk membuat karya baru. Tentu saja ini karena pastry yang terdiri dari lapisan-lapisan gurih renyah ini mempunyai banyak alternatif bentuk.

Croissant yang terbuat dari adonan ragi dan lemak lipat ini aslinya berbentuk tapal kuda atau bulan sabit. Tekstur luarnya renyah gurih dan bagian dalamnya lembut membal. Umumnya dimakan sebagai roti dengan paduan mentega dan selai buah.

Mengatasi kebosanan kini dibuat croloaf. Roti ini teksturnya seperti croissant, tetapi bentuknya loaf atau persegi panjang. Loaf merupakan loyang yang biasanya digunakan untuk membuat roti tawar, sehingga bentuknya menjadi bulat gemuk dan permukaan atasnya berbentuk kasar khas permukaan croissant asli.

Croloaf ini tentunya tidak dimakan bulat-bulat mengingat bentuknya yang termasuk besar. Seperti dilansir Foodbeast, cara menikmatinya seperti roti tawar loaf. Diiris melintang tipis 1-1,5 cm umumnya. Setelah dipotong, croloaf dapat diolesi selai, mentega, atau selai kacang sesuai selera.

Renyah roti dengan taburan gula dan bubuk kayu manis aromanya sangat wangi. Bisa jadi croloaf akan menjadi idola berikutnya karena ternyata membuatnya tidak serumit cronut.(odi/fit)
Cronut Pic

selengkapnya baca di sini >> 

Comments

Popular posts from this blog

Keterima GT/MT Sinarmas Forestry

Keterima Seleksi Sinarmas Forestry  How’s your post-college life? Seems suck, isn’t it? Be calm, thing takes time.  Penting banget buat menentukan (prioritas) tujuan akan kemana kita setelah lulus, bahkan sebaiknya dipikirkan sebelum lulus itu sendiri. Tujuan jangka pendek, menengah, pun panjang. Disusun detil lebih baik, tapi kalau berat ya yang kasar dulu aja. Paling tidak sedikit mengurai keruwetan atas pikiran kita sendiri.  Buatt aku, bergabung dengan Sinarmas Forestry menjadi baby step untuk tujuan jangka menengah. Jadilah aku daftar. So, tentukan tujuan dulu ya sebelum mendaftar! 1. Daftar di Platform Jobseeker  Waktu itu aku daftar sebagai Graduate Trainee/GT (semacam MT) melalui jobstreet.  Sebelum apply:  a. Cek kelengkapan profil, posisi terakhir/pengalaman usahakan relate dengan sinarmas forestry. Bisa Bahasa Indonesia atau Inggris, yang penting konsisten dan bisa dipertanggungjawabkan.  b. Baca requirement dan job description, kalo ga cocok just simply skip it away!  c. Is

CONTOH PROPOSAL USAHA

PROPOSAL USAHA MINUMAN SERBUK SARI JAHE PT. ROYAL NUTRITION Oleh SITI HUDAIYAH 4 TPHP 3 7675 PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Jalan Kadar Maron Sidorejo Kotak Pos 104 Telp (0293) 4901639 TEMANGGUNG 2014/2015 A.       Nama Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan bernama PT. ROYAL NUTRITION­. B.        Komoditas Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan memproduksi makanan dan minuman sehat menuju kehidupan konsumen yang lebih baik. C.       Produk Hasil Olah 1.          Gambaran Umum Produk Salah satu produk dari institusi Praktik Industri yang penulis tempati adalah minuman serbuk sari jahe. Untuk itu penulis bermaksud untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan merencanakan produksi minuman serbuk sari jahe dengan merk “WOODY” dengan berbagai pengembangan, mulai dari penggunaan bahan b

Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari   http://arie5758.blogspot.co.id/   , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan. Jadi sejarahnya seperti ini, Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakart