Skip to main content

CONTOH PROPOSAL USAHA




PROPOSAL USAHA
MINUMAN SERBUK SARI JAHE
PT. ROYAL NUTRITION

Oleh
SITI HUDAIYAH
4 TPHP 3
7675





PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG
KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN
Jalan Kadar Maron Sidorejo Kotak Pos 104 Telp (0293) 4901639
TEMANGGUNG
2014/2015



A.      Nama Perusahaan
Perusahaan yang akan penulis dirikan bernama PT. ROYAL NUTRITION­.

B.       Komoditas Perusahaan
Perusahaan yang akan penulis dirikan memproduksi makanan dan minuman sehat menuju kehidupan konsumen yang lebih baik.

C.      Produk Hasil Olah
1.         Gambaran Umum Produk
Salah satu produk dari institusi Praktik Industri yang penulis tempati adalah minuman serbuk sari jahe. Untuk itu penulis bermaksud untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan merencanakan produksi minuman serbuk sari jahe dengan merk “WOODY” dengan berbagai pengembangan, mulai dari penggunaan bahan baku, formulasi, proses pengolahan, dan kemasan.
Selain itu, pengolahan minuman serbuk sari jahe pernah penulis praktikkan di sekolah, sehingga penulis sudah menguasai dasar-dasar pengolahannya. Minuman serbuk sari jahe cocok untuk dikembangkan di Temanggung yang berhawa dingin, sehingga masyarakat cenderung untuk mencari minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, bahan baku yang digunakan juga mudah didapatkan di Temanggung dan harganya relatif murah.
2.         Tinjauan Pustaka
Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki aroma sangat kuat dan khas karena adanya kandungan senyawa fenol. Minyak atsiri jahe yang terdiri atas zingiberen dan zingiberol dapat menyebabkan timbulnya aroma harum yang khas dan oleoresin jahe yang terdiri atas gingerol, shogaol, serta zingeron dapat menyebabkan rasa pedas. Oleh karena memiliki aroma yang harum, jahe dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. (Anonim, 2008: 6).
Bahan pencampur yang ditambahkan dapat berupa rempah-rempah seperti kapulaga, serai, kayu manis, dan jinten, dengan harapan dapat meningkatkan aroma dan flavor seduhan minuman sari jahe. Penambahan jenis olahan jahe yang berbeda juga akan menyebabkan terbentuknya kualitas meliputi warna, aroma, kesegaran, kecerahan, strength dan quality seduhan teh yang berbeda pula.
Pengekstrakan jahe dibuat dengan cara memblender jahe lalu diambil sarinya, proses ini menyebabkan aroma dan citarasa khas seduhan minuman sari jahe lebih tajam karena komponen senyawa atsiri jahe dalam bentuk cair akan mudah terlarut dan bercampur dengan partikel jahe saat diseduh.
3.         Rancangan Percobaan
Rancangan percobaan ini dibuat dalam skala home industry dan menggunakan peralatan tradisional. Peralatan yang digunakan antara lain: timbangan, pisau, blender, kain saring, baskom, kompor gas, pengaduk kayu, cobek dan munthu, wajan, ayakan, dan sealer.
Bahan yang digunakan antara lain:
Jahe                                   500    g
Gula pasir                         1000  g
Kapulaga                          10      g
Serai                                 25      g
Kayu manis                      10      g
Jinten                                5        g
Cara pengolahan jahe menjadi serbuk sari jahe instan adalah sebagai berikut:
a.       Siapkan peralatan, bahan, dan tempat yang akan digunakan.
b.      Timbang bahan sesuai dengan jumlah di atas.
c.       Kupas dan mencuci jahe.
d.       Bagi jahe menjadi beberapa bagian.
e.       Blender jahe menggunakan 500 mL air.
f.        Saring bubur jahe menggunakan kain saring.
g.       Cuci rempah-rempah yang digunakan.
h.       Geprek serai.
i.        Haluskan kapulaga dan jinten.
j.       Ekstrak rempah-rempah dengan cara memanaskan menggunakan 1000 mL air selama 10 menit (dihitung setelah mendidih).
k.      Saring ekstrak rempah-rempah.
l.   Campurkan ekstrak jahe dan ekstrak rempah-rempah ke dalam wajan, dan panaskan dengan api kecil.
m.    Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit ke dalam wajan, dan aduk sampai larut.
n.      Aduk secara kontinyu dalam kondisi api kecil sampai titik jenuh tercapai.
o.    Jika titik jenuh sudah tercapai, turunkan dari kompor dan percepat pengadukan sampai terbentuk kristal.
p.      Biarkan dingin, kemudian ayak menggunakan ayakan 60 mesh.
q.     Timbang minuman serbuk sari jahe, dan kemas menggunakan plastik berlabel.
Untuk mengetahui pengaruh tingkat penerimaan konsumen terhadap minuman sari jahe yang dihasilkan, akan dilakukan uji organoleptik dengan panelis umum. Uji organoleptik ini merupakan suatu uji penerimaan yang mengemukakan deskripsi suatu produk sebagai hasil tanggapan/kesan pribadi panelis akibat hasil reaksi fisikopsikologis panelis sehingga hasilnya nanti masih kurang begitu akurat dan bersifat subyektif bergantung pada tingkat kesukaan dari para panelis.
Untuk meningkatkan keakuratan hasil uji, jumlah minimal panelis adalah 30 orang yang belum terlatih. Semakin banyak jumlah panelis yang menguji, maka keakuratan hasil pengujian akan semakin tinggi. Uji organoleptik dilakukan terhadap warna, aroma, kesegaran, kecerahan, strength dan quality seduhan minuman sari jahe. Hasil pengujian dengan metode organoleptik dinyatakan dalam rentangan skor yang menunjukkan bahwa semakin tinggi skor, maka nilai parameter juga semakin tinggi kadarnya.

D.      Pengendalian Mutu
Pengendalian mutu produk minuman serbuk sari jahe dilakukan mulai dari penerimaan bahan baku, penerimaan bahan kemas, setiap tahapan proses, dan produk akhir untuk selalu memantau kualitas produk di beberapa bagian seperti :
1.         Quality Control Raw Material (QC bahan baku)
QC bahan baku akan mengecek apakah bahan baku yang dipesan dari supplier sesuai dengan standar yang di tentukan atau tidak. QC pada bagian ini bahan baku seperti :
a.         Gula pasir
b.        Jahe
c.         Rempah-rempah
d.        Bahan kemas
2.         Quality Control Line (QC Proses)
QC line akan bertugas saat proses produksi, agar produk yang akan dihasilkan bermutu dan tidak mengandung bahaya. QC ini akan mengecek :
a.         Ukuran kristal
b.        Warna kristal
c.         Peralatan dan mesin produksi
3.         Quality Control Analis
QC analis bertugas saat proses produksi seperti QC line tetapi QC analis akan mengecek kandungan larutan pada adonan permen, seperti :
a.         Kadar gula
b.        Kadar air, dsb.
4.         Quality Control Finish Good Ware House  (QC gudang)
QC gudang akan mengecek apakah produk yang di kemas sudah sesuai standar sehingga dapat dikirim/ di distribusikan.

E.       Penanganan Limbah
1.         Penanganan Limbah Padat
Penanganan limbah padat tergantung dari jenis limbah yang dihasilkan. Pengolahan serbuk sari jahe instan ini nantinya akan menghasilkan limbah padat berupa limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik berupa kulit jahe, ampas jahe sisa ekstraksi, rempah-rempah sisa ekstraksi, sisa makanan dibuang, dan limbah lainnya. Limbah ini dapat diolah menjadi kompos dengan penambahan effective microorganism untuk mempercepat penguraian. Kompos ini digunakan untuk memupuk berbagai jenis tanaman yang ditanam di sekitar home industry.
Sampah anorganik dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu sampah kertas, sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang, dan sampah plastik yang bisa didaur ulang. Sampah kertas seperti dokumen-dokumen yang sudah tidak digunakan lagi, dapat dihancurkan terlebih dahulu sebelum dilakukan penanganan lebih lanjut. Seperti perlakuan di perusahaan yang penulis tempati, sampah kertas ini dapat didaur ulang menjadi kalender, goody bag, dan barang-barang lainnya.
Untuk penanganan limbah padat yang bisa didaur ulang, penulis bekerjasama dengan pedagang barang bekas, yaitu dengan menjual baskom yang rusak, dan limbah padat lainnya. Sehingga disamping dapat menghilangkan limbah juga dapat mendapatkan uang.
2.         Penanganan Limbah Cair
Limbah cair yang dihasilkan dari pengolahan minuman serbuk sari jahe berupa limbah hasil pencucian bahan dan alat yang tidak mengandung bahan berbahaya. Limbah ini dapat langsung disalurkan ke saluran IPAL, dan dibuang ke sungai tanpa khawatir membahayakan ekosistem air.
3.         Penanganan Limbah Gas
Gas yang dihasilkan dari proses produksi minuman serbuk sari jahe instan berupa uap air (H2O) sehingga dapat dibuang langsung ke udara tanpa menyebabkan polusi lingkungan.

F.       Distribusi
Produk minuman serbuk sari jahe akan dipasarkan di dalam negeri, dan kedepannya juga akan dipasarkan ke luar negeri, terutama negeri yang mengalami musim dingin.

G.      Sistem Pemasaran
Pemasaran produk ditangani oleh sales and marketing department. Departemen ini menangani masalah penjualan produk dan membuat perjanjian dengan para pemesan. Setelah tercapai kesepakatan maka bagian sales akan menentukan produk yang akan dipesan kepada pihak perusahaan. Dari hasil apabila pihak perusahaan sudah menerima persetujuan, maka akan dibuat jadwal produksi yang nanti berkaitan dengan deprtemen PPIC. Kemudian, finished product akan dipasarkan dengan didistribusikan dengan container.

H.      Kepegawaian

1.     Administrator

a.         Pria, usia maks. 27 tahun
b.         Min. D3 semua jurusan, diutamakan jurusan Ilmu Komunikasi dengan IPK min. 2.75

2.     Technician

a.         Pria, usia maks. 25 tahun
b.        D3 jurusan Teknik Mesin/Teknik Elektro/Teknik Listrik Industri, dengan IPK min. 3.00
c.         Bersedia bekerja dengan shift
d.        Bersedia ditempatkan di pabrik

3.     Lab Tech

a.         Pria/Wanita, usia maks. 25 tahun
b.         D3 jurusan terkait, dengan IPK min. 3.00
c.          Bersedia bekerja dengan shift
d.         Bersedia ditempatkan di pabrik

4.     Executive

a.         Pria, wanita usia maks. 27 tahun
b.         S1 jurusan terkait, dengan IPK min. 3.00
c.          Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
d.         Kreatif, memiliki banyak ide, dan berorientasi detail
e.          Dapat bekerja dengan jam kerja fleksibel dan memiliki mobilitas tinggi
f.          Memiliki pengalaman di bidang terkait menjadi poin lebih

5.     Supervisor

a.         Pria, wanita usia maks. 25 tahun
b.         D3 jurusan terkait, dengan IPK min. 3.00
c.          Bersedia bekerja dengan shift
d.         Bersedia ditempatkan di pabrik

I.         Pola Kerjasama
Pola kerjasama yang akan dijalin adalah Pola kerjasama Sub Kontrak,  sub kontrak adalah hubungan kerjasama antara perusahaan industri dengan perusahaan industri lainnya akibat dari out house manufacturing. Seperti yang perusahaan kami lakukan untuk beberapa jenis produk karena mesin di perusahaan kami masih terbatas.

J.        Kepedulian Terhadap Lingkungan Sekitar
PT. Royal Nutrition mengadakan acara-acara sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan sekitar, diantaranya perekrutan tenaga kerja dari masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik, dana sosial, donor darah, kegiatan penanaman pohon, senam sehat, dan sebagainya.
PT. Royal Nutrition juga mengadakan acara penghargaan untuk masyarakat di Indonesia, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah “Royal Championship” untuk siswa SLTA dan mahasiswa. Selain itu, PT. Royal Nutrition juga memberika beasiswa kepada karyawan yang berdedikasi tinggi dan berniat untuk kuliah lebih lanjut.

Berikut adalah contoh video pengolahan minuman serbuk sari jahe


Comments

Popular posts from this blog

Keterima GT/MT Sinarmas Forestry

Keterima Seleksi Sinarmas Forestry  How’s your post-college life? Seems suck, isn’t it? Be calm, thing takes time.  Penting banget buat menentukan (prioritas) tujuan akan kemana kita setelah lulus, bahkan sebaiknya dipikirkan sebelum lulus itu sendiri. Tujuan jangka pendek, menengah, pun panjang. Disusun detil lebih baik, tapi kalau berat ya yang kasar dulu aja. Paling tidak sedikit mengurai keruwetan atas pikiran kita sendiri.  Buatt aku, bergabung dengan Sinarmas Forestry menjadi baby step untuk tujuan jangka menengah. Jadilah aku daftar. So, tentukan tujuan dulu ya sebelum mendaftar! 1. Daftar di Platform Jobseeker  Waktu itu aku daftar sebagai Graduate Trainee/GT (semacam MT) melalui jobstreet.  Sebelum apply:  a. Cek kelengkapan profil, posisi terakhir/pengalaman usahakan relate dengan sinarmas forestry. Bisa Bahasa Indonesia atau Inggris, yang penting konsisten dan bisa dipertanggungjawabkan.  b. Baca requirement dan job description, kalo ga cocok just simply skip it away!  c. Is

Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari   http://arie5758.blogspot.co.id/   , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan. Jadi sejarahnya seperti ini, Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakart