Skip to main content

ALUMNI SMK N 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG MENJADI PIONIR PELATIHAN PERTANIAN BERBASIS VOKASIONAL

Yogyakarta – Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya kyai mengajarkan ilmu Agama Islam kepada santri berdasarkan kitab Al-Quran. Kurikulum akademik  islamiah yang dipelajari secara mendalam membuat santri menguasai ilmu keagamaan yang menjadi bekal untuk hidup mandiri, berkepribadian, dan berakhlak mulia. Namun, pondok pesantren sering berhadapan dengan problematika terutama para santri dalam pengembangan kecakapan dan keterampilan. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga yang dipandang rendah dari sudut pandang kualitas keterampilan sumber daya manusia sehingga lulusan pondok pesantren sulit untuk mengembangkan usaha setelah kembali ke tempat asal karena tidak dibekali dengan ilmu kecakapan  dan keterampilan disuatu bidang. 
Hal ini yang melatar belakangi Ahmad Nur Rohim Alumni Kimia Analis SMK N 1 (STM Pembangunan) Temanggung sebagai ketua dalam TIM METROPONIK     Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat dengan anggota tim Fella Sufah Baedowi (2018), Fitria Indah Susanti (2018), Ismi Aflahal Mari’ah (2019), Dwi Cahyo Budi Bhakti Bumi (2019). Tim PKM-M Program Studi Agroteknologi ini berfokus  memberikan panduan, arahan, dan dukungan dari segi pengetahuan teknologi budidaya tanaman hidroponik kepada santri Pondok Pesantren Modern Yatim Piatu Dhuafa Madania Yogyakarta memalui program Merajut Keterampilan Motorik Melaui Pendidikan dan Edukasi Hidroponik Berbasis Vokasional di bidang budidaya tanaman.
“Tidak semua santri di masa yang akan datang akan menjadi  pendakwah  di tengah kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu, kami tergerak untuk mengadakan sebuah bentuk penyaluran  ilmu pengetahuan yang kami peroleh dari kampus kepada  santri dalam upaya memuliakan anak yatim dan  pembentukan keterampilan di bidang pertanian khususnya hidroponik. Hal tersebut sebagai salah satu pengamalan dari Al-Quran (Q.S Ad-Dhuha : 9-11),” kata Ahmad.
Di tengah mewabahnya COVID-19, seluruh rangkaian acara program kreativitas mahasiswa dilaksanakan secara  teleconference virtual menggunakan media komunikasi berbasis online. Hal ini lah yang menjadi tantangan semua Tim di pelaksanaan PKM tahun ini. “Kami telah menyusun kurikulum kegiatan agar semua poin keterampilan motorik pada diri santri dapat berkembang sebagai wujud keberhasilan pelaksanaan program,” sambung Ahmad. Proses pengabdian ini memiliki kurikulum yang telah disusun  meliputi penanaman rasa cinta pertanian, sistem hidroponik, persemaian, dasar-dasar ilmu air, nutrisi tanaman dan  kebutuhan nutrisi, organisme pengganggu tanaman dan pengendalian, pembuatan pestisida organik, kreativitas hidroponik berbahan barang bekas, serta pertemuan diskusi virtual yang berisi klinik budidaya tanaman bidang pertanian. Pelaksanaan program ini juga berkerjasama dengan Komunitas Griya Hidroponik sebagai komunitas hidroponik di Yogyakarta untuk mendorong pengembangan potensi kreatif para santri menjadi seorang profesional di bidang pertanian. 
Saat ini santri  Pondok  Pesantren Modern Yatim Piatu Dhuafa Madania Yogyakarta dengan rentang usia remaja 15-19 tahun sebagai sasaran dari program ini melakukan komunikasi secara virtual melalui media online dengan arahan yang digunakan sebagai solusi dalam bentuk video dan/atau modul serta melakukan implementasi secara mandiri oleh santri. “Output dari kegiatan ini untuk membuka santri menjadi pionir petani modern di lingkungan pondok dan kehidupan bermasyarakat serta nantinya bisa menjadi seorang wirausaha dan motivator bidang pertanian modern sebagai penggerak generasi millenial”, kata Ahmad.   
Ahmad dan timnya percaya bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini akan terus berkelanjutan, membawa santri untuk hidup survive, dan memandirikan santri agar hidup tanpa ketergantungan dengan orang lain. Dengan begitu lulusan Pondok Pesantren tidak hanya menguasai dalam lingkup islamiah tetapi motorik vokasionalnya pun baik yang akan membuka cita-cita menjadi petani modern.  Melalui budidaya hidroponik maka manfaatnya akan dapat dirasakan oleh santri di masa yang akan datang. 
 

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keterima GT/MT Sinarmas Forestry

Keterima Seleksi Sinarmas Forestry  How’s your post-college life? Seems suck, isn’t it? Be calm, thing takes time.  Penting banget buat menentukan (prioritas) tujuan akan kemana kita setelah lulus, bahkan sebaiknya dipikirkan sebelum lulus itu sendiri. Tujuan jangka pendek, menengah, pun panjang. Disusun detil lebih baik, tapi kalau berat ya yang kasar dulu aja. Paling tidak sedikit mengurai keruwetan atas pikiran kita sendiri.  Buatt aku, bergabung dengan Sinarmas Forestry menjadi baby step untuk tujuan jangka menengah. Jadilah aku daftar. So, tentukan tujuan dulu ya sebelum mendaftar! 1. Daftar di Platform Jobseeker  Waktu itu aku daftar sebagai Graduate Trainee/GT (semacam MT) melalui jobstreet.  Sebelum apply:  a. Cek kelengkapan profil, posisi terakhir/pengalaman usahakan relate dengan sinarmas forestry. Bisa Bahasa Indonesia atau Inggris, yang penting konsisten dan bisa dipertanggungjawabkan.  b. Baca requirement dan job description, kalo ga cocok just simply skip it away!  c. Is

CONTOH PROPOSAL USAHA

PROPOSAL USAHA MINUMAN SERBUK SARI JAHE PT. ROYAL NUTRITION Oleh SITI HUDAIYAH 4 TPHP 3 7675 PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Jalan Kadar Maron Sidorejo Kotak Pos 104 Telp (0293) 4901639 TEMANGGUNG 2014/2015 A.       Nama Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan bernama PT. ROYAL NUTRITION­. B.        Komoditas Perusahaan Perusahaan yang akan penulis dirikan memproduksi makanan dan minuman sehat menuju kehidupan konsumen yang lebih baik. C.       Produk Hasil Olah 1.          Gambaran Umum Produk Salah satu produk dari institusi Praktik Industri yang penulis tempati adalah minuman serbuk sari jahe. Untuk itu penulis bermaksud untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan merencanakan produksi minuman serbuk sari jahe dengan merk “WOODY” dengan berbagai pengembangan, mulai dari penggunaan bahan b

Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari   http://arie5758.blogspot.co.id/   , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan. Jadi sejarahnya seperti ini, Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakart